Kota Cirebon Siapkan 22 Puskesmas untuk Pelayanan Vaksin Massal

Kota Cirebon Siapkan 22 Puskesmas untuk Pelayanan Vaksin Massal

CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon telah menyiapkan 22 puskesmas untuk memberikan pelayanan vaksin Covid-19 massal di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon Edy Sugiarto kepada radarcirebon.com, Senin (16/11).

\"Untuk vaksin kami sudah menyiapkan 22 puskesmas. Tenaga vaksinator juga sudah dilatih melalui online beberapa minggu yang lalu,\" ungkapnya.

Baca juga:

Tragis, Diduga Tewas di Tangan Kakak Sendiri

Tren Kasus Covid-19 Kota Cirebon Naik Terus, Kini Tambah 9 Orang

Daftar Zona Merah Covid-19, Cirebon Zona Apa?

Kadinkes menuturkan, untuk wilayah Jawa-Bali yang akan divaksinasi terlebih dahulu adalah tenaga medis.

\"Jadi tenaga medis yang divaksin itu untuk usia 18 hingga 59 tahun dan ada 18 kriteria atau prasyarat tertentu untuk divaksinasi,\" tuturnya.

Dokter Edy mengatakan, pelayanan vaksinasi di Kota Cirebon akan dimulai bulan Januari 2021.

\"Di Minggu ke-3 Desember 2020 kita sudah siap. Logistik sudah siap, tenaga medis siap, Call Center juga sudah siap dan 22 puskesmas sudah siap. Jadi skema dalam vaksinasi untuk itu 30 persen gratis dan 70 persen bayar, karena anggarannya terbatas. Vaksinasi Covid-19 ini nantinya dilakukan sebanyak 2 kali yang berkesinambungan selama 14 hari,\" katanya.

Kadinkes mengajak seluruh instansi untuk bekerja sama dalam pemberian vaksin Covid-19 tersebut.

\"Jadi seluruh instansi pemerintah, swasta, dan TNI-Polri harus bekerja sama baren-bareng. Karena jumlah masyarakat Kota Cirebon cukup banyak,\" ajaknya.

Masih kata Edy, uji coba vaksin Bandung berhasil dan sangat memuaskan. \"Hasilnya menggembirakan. Juga tidak ada gagal,\" pungkasnya. (rdh)

https://youtu.be/Ek81_XdetKs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: